Resep Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa

Diposting pada

Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa – sekarang kami akan menyajikan informasi resep Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa, Semoga memudahkan anda menemukan resep terbaik. Cumi asin akan semakin lezat jika diolah pedas. Olahan cumi asin cabai hijau adalah salah satunya. Rasa asin gurih dari cumi asin bercampur dengan pedasnya cabai hijau benar-benar bikin ketagihan saat dicampur dengan nasi panas.

Cumi kuah santan bisa anda coba buat di Cumi kuah santan sangat praktis dibuat sendiri di rumah. Memilih cumi sebagai konsumsi di saat sahur maupun berbuka dapat membantu tubuh mencukupi kebutuhan nutrisinya. Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam cumi, membuat produk laut yang satu ini cocok untuk diolah menjadi berbagai macam menu untuk sahur dan berbuka. Kamu bisa memasak Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa menggunakan 23 bahan dan 13 langkah. Berikut ini cara mengolah menu ini.

Bahan-Bahan Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa

  1. 500 gram cumi, saya pakainya cumi kupas, cumi seger lebih enak.
  2. Bumbu Marinasi.
  3. 1 buah bawang putih geprek, bisa diskip kalo ga terlalu suka.
  4. 1 1/2 sdt lada bubuk.
  5. 2 sdm saus tiram.
  6. 2 sdt garam.
  7. 2 sdm tepung maizena.
  8. 3 sdm air dingin.
  9. Sejimpit gula pasir.
  10. Bahan Kering/adonan tepung bumbu.
  11. 10 sdm tepung terigu.
  12. 2 sdm tepung maizena atau tepung beras kalo ga ada.
  13. 1 sdt lada bubuk.
  14. 1 sdt kaldu bubuk atau kaldu jamur.
  15. 1 1/2 sdt garam halus.
  16. Bumbu tabur.
  17. 7 siung bawang putih.
  18. Secukupnya cabe rawit, saya pake banyak karena saya suka pedes.
  19. 2 batang daun bawang.
  20. Sedikit seledri jika suka, saya suka jadi saya pake. Hehe.
  21. 2 jimpit garam.
  22. 3 sdm margarin untuk menumis.
  23. 1 jimpit gula pasir untuk penyeimbang rasa.

Bagi yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tentunya Anda ingin menyantap hidangan yang leazat sat berbuka. "Resep kali ini kita bikin cumi saus padang yuk! Dari makan di resto seafood sampai di seafood pinggiran ini selalu jadi idola para pencinta makanan seuhah alias pedas. Berikut ini cara mudah membuat cumi cabe lada garam yang bisa jadi menu andalan di rumah. Dengan menggunakan Tepung Maizena MamaSuka dan Garam Gurih Miwon, maka menu Cumi Cabe Lada Garam ala Food Lovers ini bakal Dijamin keluarga pun bakal puas dengan hasil masakannya!

Langkah-Langkah membuat Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa

  1. Karena saya pakai cumi kupas, jadinya tinggal saya cuci bersih lalu saya potong2 dengan lebar kira2 1 cm. Jangan tipis2 karena nanti cuminya bakalan mengkerut. Kalau teman2 pakai cumi segar, cuminya bisa dibersihkan dulu dan dibuang tintanya yaa..
  2. Campurkan bumbu2 marinasi ke dalam cumi yang sudah dipotong2, lalu aduk2 sampai bumbu tercampur dengan cuminya. Selanjutnya, diamkan di dalam lemari es bagian chiller (kalau ada, kalau ga ada bisa didiamkan di wadah tertutup aja) selama kurang lebih 15 – 20 menit..
  3. Sementara cumi dimarinasi, kita dapat membuat adonan tepung keringnya. Caranya, campurkan tepung terigu, tepung beras atau tepung maizena (kalau ga ada tepung terigu aja juga gapapa, tepung maizena atau bisa diganti dengan tepung beras berfungsi untuk menambahkan kerenyahannya), garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk ke dalam suatu wadah. Lalu aduk2 sampai tercampur rata. Sisihkan..
  4. Karena marinasinya lama, kita bisa sambil menyiapkan bumbu taburnya dulu nih teman2. Caranya, cabe, bawang putih, dan daun bawang dipotong kecil2 aja..
  5. Aku kan pakai caranya chef william ghozali yang bumbu cabe garamnya ditabur2in aja. Jadi aku bisa numis bumbunya sementara cumi dimarinasi. Kalau resep yang ini dari dalem cuminya udah berasa gurih, tepungnya udah gurih, dan setiap gigitan cumi udah ada rasanya. Jadi bumbunya bisa ditabur2 aja biar cepet..
  6. Caranya, panaskan teflon, lalu lelehkan 3 sdm margarin. Selanjutnya tumis bawang putih sampai harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
  7. Jika bawang putih sedikit kecoklatan, masukkan cabe rawit. Tumis lagi sampai bawangnya semakin wangi dan wuenak. Masukkan 2 jimpit garam dan sejimpit gula..
  8. Selanjutnya, masukkan daun bawang dan seledri jika suka. Lalu tumis lagi sampai daun bawangnya layu. Lalu sisihkan..
  9. Setelah 15-20 menit, keluarkan cumi dari kulkas, lalu aduk2 dan guling2kan ke adonan tepung kering. Kalau tepungnya kurang tebal, celupin lagi cuminya ke adonan bumbu dan gulingkan lagi ke tepung kering. Tekan2 supaya tepungnya menempel..
  10. Panaskan minyak goreng, lalu goreng cumi dengan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan..
  11. Angkat cumi yang sudah matang. Lalu tata di piring saji. Selanjutnya taburkan bumbu yang tadi udah kita tumis. Jadi deeh..
  12. Kalau teman2 suka yang bumbunya lebih nyampur, step 5 – 8 atau saat menumis bumbunya bisa dilakukan setelah cuminya matang. Saat daun2nya sudah mulai layu, masukkan cumi yang udah digoreng ke dalam bumbu dan aduk2 sampai bumbunya merata. Hasilnya sama enaknya kok. Aku nyoba cara ini (nyampur bumbu belakanhan) buat bikin tahu cabe garam..
  13. Gimana? Mudah banget kan bikinnya. Selamat mencoba..

Cumi-cumi masak asam garam yang sangat mudah dibuat dan sedap! Jelasnya cumi-cumi asam garam ini nggak ada matinya memuaskan selera kami akan masakan cumi-cumi yang Tiriskan dan cumi-cumi siap kita olah. Warna kulitnya yang ungu ini akan membuat masakan anda menjadi lebih. Cumi-cumi merupakan sumber protein yang baik. Cumi telur sering digunakan untuk berbagai masakan yang banyak tersaji di rumah makan seafood.

Penulis berharap anda menyukai resep yang kami bagikan diatas, dan jangan lupa cek beragam kumpulan resep lainya hanya di Radea.co,

Tulisan ini diperbaharui 3 minggu oleh admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *