Kentang Mustofa (awet sebulan di kedap udara, biidznillah). Dari kemarin memanfaatkan stok draft aja. Kali ini Pizza (posting ini zama zama) Cocomtang tentang makanan. Lagi pengen makan kentang mustofa pedes manis.

Menu Sahur Sehat Kentang Mustofa (awet sebulan di kedap udara, biidznillah) Olahan kentang yang diiris sebesar korek api ini biasanya memang dijadikan pelengkap makan, baik nasi hangat maupun menu lain, dengan cara ditaburkan di atasnya. Rasa kentang mustofa yang gurih, manis, dan sedikit pedas akan membuat acara bersantap terasa kian nikmat. Resep Kentang Mustofa (Renyah & Anti Melempem). Anda ingin Santap Sahur yang simpel? berikut ini kami sajikan Kentang Mustofa (awet sebulan di kedap udara, biidznillah) serta 17 bahan-bahan dan 8 cara. Begini cara membuat that.

Bahan-bahan Kentang Mustofa (awet sebulan di kedap udara, biidznillah)

  1. Kau butuh 1 kg untuk kentang.
  2. Bersiaplah 2 genggam untuk kacang tanah (goreng), bisa ditambah teri nasi goreng.
  3. Kau butuh 1 liter untuk minyak sayur utk menggoreng (bila kurang,bisa ditambah).
  4. Kau butuh Secukupnya untuk minyak sayur untuk menumis bumbu.
  5. Bersiaplah untuk Bumbu Halus (sesuaikan dg banyaknya kentang).
  6. Kau butuh 5 buah untuk bawang merah.
  7. Kau butuh 3 buah untuk bawang putih.
  8. Bersiaplah 1 buah untuk tomat.
  9. Bersiaplah 5 buah untuk cabe merah (bagusnya yg besar biar warnanya merah cantik).
  10. Ini adalah 5 buah untuk cabe rawit merah (selera, bisa + atau -).
  11. Bersiaplah untuk Bahan Cemplung.
  12. Ini adalah 4 lembar untuk daun jeruk (iris tipis).
  13. Ini adalah 3-4 sisir untuk gula Jawa bulat kecil (sisir dg pisau).
  14. Kau butuh 1 sdt untuk gula pasir.
  15. Bersiaplah 1 sdt untuk garam.
  16. Ini adalah 1/2 sdt untuk kaldu bubuk.
  17. Ini adalah 1/2 sdt untuk ebi bubuk.

Lihat juga resep Kentang Mustofa Renyah enak lainnya. Resep dan Cara Membuat Kentang Mustofa. Sebenarnya cara membuat kentang mustofa sangatlah mudah. Tips terpenting dalam resep dan cara membuat kentang mustofa yaitu pengadukan kentang mustofa dan bumbu sampai kering di penggorengan, maka kita bisa mengkreasikan bumbu-bumbu yang digunakan seperti bawang merah, kemiri, cabe rawit, daun bawang, lengkuas dan asam jawa atau mungkin bumbu lainnya.

Kentang Mustofa (awet sebulan di kedap udara, biidznillah) Petunjuk Mengolah

  1. Kupas dan parut kentang dg ukuran lubang parutan sesuai selera (kalo bisa usahakan lubangnya itu ga terlalu kecil dan ga terlalu besar). Cuci bersih kentang sampai bersih tidak keruh airnya, Krn proses pencucian ini juga berpengaruh pada kriuknya kentang. Setelah dicuci, tiriskan. Tiriskannya jangan terlalu lama Krn nanti warna kentangnya akan berubah kemerahan. Ya gpp sih…cuma warnanya nanti jadi kurang cantik.. Kentang Mustofa (awet sebulan di kedap udara, biidznillah)
  2. Jeda sebentar ya, krn di draft baru ada langkah 1&2 mau diedit fotonya udah ga ada di galeri. Kalo mau hasil kentang mustofanya bagus dan enak pilih kentang mentega (yg dalemnya kuning itu loh) dan besar (biasanya kentang Dieng bagus tuh). Jangan kentang Cherry, bisa bayangkan?! Apalagi kentang yg ada warna hijaunya, beracun…jadi bisa dipotong aja yg warna hijaunya. Lanjut step di bawah 👇..
  3. Untuk goreng kentang Mustofa memang butuh minyak yg banyak, Krn agar si kentangnya terendam sempurna. Gorengnya harus dalam keadaan minyak sudah panas ya, api sedang cenderung kecil. Kentang jangan diaduk dulu sebelum mulai terlihat kering dan mengapung, krn kalo belum kering kentangnya akan menempel di sodet. Agak lama ya goreng kentang itu, sabaarrr… Bila sudah mulai mengapung dan kering, aduk rata agar kentang yg belum matang bisa segera matang. Angkat dan tiriskan..
  4. Biasanya bila bikin kentang Mustofa lebih dari 1kg, yg sy kerjakan adalah: goreng dahulu kentang yg sudah dicuci bersih sambil mengupas dan mencuci kentang lainnya. Jadi, tidak nguplek ngerjain satu tugas aja Krn goreng kentang itu lama..
  5. Sambil goreng kentang, siangi bahan bumbunya (kupas bawang dll). Resep dan cara setiap orang berbeda ya, jadi jangan dibandingkan satu dg lainnya Krn mereka punya pengalaman sendiri. Bumbu halus kentang Mustofa sy pake tomat, berarti memang harus diblender halus dan ketika nanti ditumis kadar airnya harus benar ² asat. Malah sering sy campur dg sambal tomat/terasi kemarin yg tidak habis, jadi tambah sedep Krn pake terasi. (Biasalah emak² ga mau ada yg mubazir).
  6. Blender bumbu halus lalu tumis hingga setengah matang, gunakan api sedang lalu kecilkan bila sudah setengah matang. Masukkan bahan cemplung, masak hingga matang dan muncul buih berserabut. Proses ini juga penting Krn menentukan apakah si bumbunya sudah benar² matang atau belum; kadar airnya sudah tidak ada dan; koreksi rasa. Takaran sdt (sendok teh) resep sy tidak baku ya, bisa ditambah atau dikurangi. Itulah pentingnya koreksi rasa terlebih dahulu sebelum kentang masuk..
  7. Setelah bumbu siap dan matang (posisi api kecil lilin), masukkan kentang. Aduk dg menggunakan sodet kanan kiri agar aduknya rata. Aduk pelan² ya agar kentangnya tidak terlalu banyak yg patah. Bila bumbu sudah merata, matikan api lalu tetap mengaduk sekitar 7-10 menit..
  8. Biarkan kentang hingga dingin lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara. Insyaalloh rasanya worth it lah dg usahanya yg panjang ☺️. Selamat mencoba dan semoga berhasil….

Resep Kentang Balado Mustofa – Kering kentang tanpa kapur sirih merupakan tips dan trik serta cara mudah membuat sambal goreng kentang kering yang sangat renyah dan kriuk crispy saat dikunyah. Walaupun dengan bumbu-bumbu sederhana, tetapi dengan tekstur kering kentang mustofa yang garing dan renyah tahan lama, berpadu cita rasa pedas manis bisa menjadi hidangan. Kentang sama bumbu ini jangan langsung disatukan, tapi tunggu sampai dingin. Kalau langsung disatukan bumbu tidak akan lengket dan kentang tidak renyah," ujar Siti. Ketika kondisi mepet, lauk kering seperti kering kentang, abon, atau rendang kering, sangat pas buat menu buka puasa dan sahur.

Penulis berharap anda menyukai resep yang kami bagikan diatas, dan jangan lupa cek beragam kumpulan Resep Sahur lainya, hanya di Radea.co,

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *